Cara Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Baik itu blog pribadi atau perusahaan, sudah menjadi barang wajib untuk selalu diupdate dengan konten-konten artikel berkualitas. Apa itu artikel yang berkualitas, tentu saja yang mengandung unsur SEO friendly. Ini sangat penting karena akan mempengaruhi hasil mesin pencarian. Untuk itu penulis blog perlu paham cara menulis artikel seo friendly.

Meskipun sudah ada plug in yang bisa membantu, penulis juga tidak boleh terus menerus mengandalkannya. Dengan membuat artikel SEO friendly, maka peluang untuk blog berada pada halaman pertama situs pencarian akan makin besar. Penulis konten perlu untuk memahami dengan baik cara menulis artikel SEO friendly, supaya blog bisa lebih terkenal.

1. Riset Kata Kunci (Keyword)

Cara menulis artikel SEO friendly pertama adalah lakukan dulu riset kata kunci (keyword). Meriset keyword bertujuan untuk mengetahui query mana saja yang sekiranya sering dicari orang pada situs pencarian. Ada beberapa pilihan tools yang bisa dipakai. Misalnya seperti ubersuggest maupun Google Keyword Planner. Misalnya toko online busana wanita di Bekasi.

Variasi keyword yang diincar “Jual baju wanita di Bekasi” atau “Jual Promo blouse renda wanita di Bekasi”. Jumlah keyword makin panjang, bisa membuat pengunjung yang masuk jadi lebih tertarget. Hal ini akan membuat persaingan makin mudah, serta blog berpeluang masuk halaman pertama situs pencarian.

2. Menggunakan Keyword Pada Judul Artikel

Selanjutnya setelah meriset kata kunci adalah sebisa mungkin menyisipkan keyword tersebut pada judul artikel. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Karena judul sebenarnya merupakan elemen pertama yang di crawl oleh situs pencarian seperti Google. Google akan lebih mudah untuk menentukan topik suatu artikel.

 Artinya jika tidak menyisipkan keyword utama pada judul, maka Google akan kesulitan menebak nama postingan. Efeknya akan sulit nantinya untuk muncul pada halaman pertama. Keyword juga lebih baik diletakan pada bagian awal. Tapi juga harus diingat untuk selalu menyesuaikan dengan kalimat judul supaya tetap enak dibaca.

3. Menggunakan Fokus Keyword Sewajarnya

Ada lagi cara membuat artikel SEO friendly adalah upayakan untuk menggunakan fokus keyword sewajarnya saja. Keyword memang berperan besar untuk memperbanyak peluang artikel bisa muncul pada halaman pertama situs pencarian. Namun bukan berarti juga harus mempergunakannya secara berlebihan. Sebaiknya tetap ikuti aturan penggunaan yang tepat.

Misalnya saja artikel yang ditulis jumlah katanya sebanyak 800 kata, maka pengulangan keyword harusnya dilakukan sebanyak 4 kali saja. Lalu jika misalnya ada artikel 600 kata maka lebih baik lakukan pengulangan keyword sebanyak 2 kali. Begitu seterusnya berlaku kelipatan.

Jangan sampai lupa juga keyword yang diletakan pada kalimat harus yang enak dibaca. Jangan malah memaksakan hanya karena tuntutan harus memasukan keyword pada sebuah kalimat.

4. Artikel Yang Dibuat Harus Layak Baca

Masih berhubungan dengan point sebelumnya, jika ingin membuat artikel SEO friendly selalu upayakan untuk membuat artikel layak baca. Jangan sekali-kali membuat artikel asal-asalan, termasuk menyisipkan keyword secara stuffing. Ini akan menyebabkan bounce rate situs akan makin tinggi. Tandanya pembaca tidak terlalu puas dengan artikel tersebut.

Lalu apa yang akan dilakukan google? Tentu saja akan menurunkan rating situs blog dari SERP. Jika ingin membuat artikel yang layak baca, sebaiknya riset dulu topic yang akan dibahas. Kemudian lakukan proses editing supaya artikel lebih berkualitas.

Bisa juga dicoba dengan cara menyuruh teman untuk membaca ulang artikel tersebut. Gunakan penilaian mereka untuk melakukan perbaikan.

5. Memastikan Artikel Bisa Menjawab Semua Pertanyaan Pengunjung

Ada indikator penentu google untuk menilai apakah sebuah artikel cukup menjawab pertanyaan audience. Pertama waktu audience membaca artikel tersebut, semakin lama artinya pembaca makin puas. Kedua apakah artikel dibagikan atau tidak. Jika ingin artikel yang dibuat dibagikan, buatlah selengkap mungkin. Bila keduanya terpenuhi, Google akan memberikan point tambahan untuk artikel.

Misalnya saja ingin membuat artikel dengan judul cara mendapat penghasilan dari blog tanpa modal. Maka sebisa mungkin buat artikel yang mampu menjawab pertanyaan tersebut. Dengan cara menyuguhkan artikel yang relevan, menambahkan contoh yang factual tentang cara mendapatkan uang dari internet. Jelaskan saja mengenahi adsense, ikut review, drop ship, dan lain-lain.

6. Memanfaatkan Link Internal Serta Ekternal

Pemberian link ini berfungsi untuk melengkapi penjelasan isi artikel jika seumpama ada yang belum dicantumkan. Untuk link internal, akan merujuk pada artikel lain yang letaknya masih di blog yang sama. Lain lagi link eksternal yang merujuk pada artikel lain dan terletak di blog milik orang lain.

Selain itu, pemanfaatkan link ini bertujuan supaya memperlama waktu bagi pembaca ketika berkunjung ke blog. Google akan terbantu, untuk memahami topik dari blog yang dikelola. Sementara link eksternal tujuannya supaya pembaca lebih yakin dengan hasil riset yang telah dilakukan.

Baik link internal maupun eksternal sama-sama akan meningkatkan peluang artikel dalam blog masuk peringkat pertama situs pencarian.

7. Optimasi Gambar

Cara menulis artikel SEO friendly berikutnya adalah melakukan optimasi gambar. Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya mempercepat proses loading artikel pada blog atau website yang dibuat. Pada umumnya gambar yang disisipkan pada artikel jika punya ukuran antara 1 MB atau lebih akan berpotensi memperlambat proses loading.

Audience dapat dipastikan akan jenuh hanya untuk menunggu proses loading selesai. Bagaimana cara optimasi gambar. Bisa dilakukan dengan mengompress gambar ketika sebelum diupload ke blog atau website. Ini dapat memperkecil ukuran tanpa mengurangi kualitas gambar saat nanti diupload. Lalu bagaimana supaya gambar dapat masuk ranking pertama google?

Cobalah untuk memasukan keyword pada bagian alt tag dan title gambar. Dengan begitu peluang bisa menjadi peringkat satu situs pencarian akan semakin besar.

8. Menggunakan Sudut Pandang Yang Unik

Isi artikel perlu dibuat punya sudut pandang yang unik. Hal ini juga salah satu dari cara menulis artikel SEO friendly. Semakin unik sudut pandang yang dituangkan dalam sebuah artikel, otomatis blog akan lebih menarik dari punya pesaing. Lalu seperti apa artikel dengan sudut pandang yang unik itu?

Misalnya artikel yang bercerita tentang pengalaman pribadi tapi harus yang masih ada hubungannya dengan topik yang dibahas. Selain itu, perhatikan juga untuk selalu konsisten dengan keyword yang digunakan. Dengan begitu, pengunjung akan lebih tertarik untuk membaca artikel.

Bahkan mereka akan menshare ke sosial media. Nantinya blog akan jadi lebih terkenal dan dapat mendatangkan traffic yang lebih besar.

9. Gunakan Heading Dan Subheading

Kebanyakan artikel di internet menyajikan susunan paragraf yang tidak terlalu panjang. Hal ini bertujuan supaya pembaca tidak cepat jenuh dan memudahkan mereka memahami isi artikel. Paragraf yang masuk kategori singkat pada umumnya hanya terdiri dari 3 hingga 4 baris saja. Pada umumnya diselingin heading serta subheading.

Baik heading maupun subheading inilah yang akan membantu audience untuk lebi mudah menemukan pokok bahasan artikel. Pembaca juga lebih nyaman membaca, tidak bosan, serta isi artikel menjadi lebih terstruktur.

10. Selalu Pastikan Panjang Artikel Sudah Optimal

Cara menulis artikel SEO Friendly yang terakhir adalah memastikan jika panjang artikel sidah optimal. Ada sebuah riset yaitu dari Orbit Media Study yang mengungkapkan jika rata-rata jumlah kata yang dipakai untuk artikel  adalah 1.142 kata. Lalu bagaimana seandainya jika hanya mampu menulis 500 kata?

Jumlah 500 kata sebenarnya juga tidak menjadi masalah, karena jumlah tersebut merupakan batas minimal. Namun, secara umum google akan memilih artikel yang kemungkinan menjadi rangking atas adalah jumlah katanya lebih dari 1000. Tapi ingat, artikel dengan jumlah kata banyak juga tidak boleh melupakan unsur kualitas.

Itu tadi bagaimana cara menulis artikel SEO friendly. Cukup banyak memang, bahkan untuk orang yang kurang terbiasa menulis ini tergolong sulit. Untuk itu, jika punya blog atau website namun tidak ada waktu atau kurang paham dengan artikel SEO friendly serahkan saja pada jasa penulis artikel SEO terbaik. Misalnya seperti updatekonten.com.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *