Ingin Buka Kedai Kopi? Ini Rincian Modal Usaha Kedai Kopi Sederhana & Mudah Diterapkan

2 min read

Saat ini banyak usaha sederhana yang menjadi pilihan seseorang untuk mulai merintis suatu bisnis, contohnya seperti usaha kedai kopi. Untuk permulaan tentu saja ada baiknya memulai membuat kedai kopi yang sederhana saja. Namun tentunya banyak sekali yang harus dipersiapkan dan diketahui, seperti rincian modal usaha kedai kopi sederhana. Sehingga peluang sukses kedai kopi akan terbuka dengan lebar.

Peluang Usaha Kedai Kopi sederhana memang sudah cukup terbuka lebar, semua itu karena saat ini kopi memang sedang sangat populer, hampir disetiap simpangan jalan kedai kopi selalu ada. Namun nyatanya walaupun banyak orang yang menjalankan bisnis ini tetap saja laris. Berikut ini rincian modal usaha kedai kopi sederhana secara lengkap yang dapat dijadikan referensi:

1. Modal Penyewaan Tempat

Ada dua pilihan penyewaan tempat saat akan membuka usaha kedai kopi, yaitu penyewaan ruko atau lahan. Sebenarnya usaha kedang kopi tidaklah memerlukan tempat khusus yang luas. Banyak yang memilih menggunakan lahan pinggir jalan dan meletakkan etalase dan sebagainya. Namun tentunya ada juga yang memilih menyewa ruko sehingga kedai kopi akan terlihat lebih besar. Tentunya hal tersebut membuat rincian modal usaha kedai kopi sederhana jadi berbeda-beda.

Di mana jika memilih untuk menyewa ruko setidaknya memerlukan dana sebesar kurang lebih Rp6.000.000,- hingga Rp12.000.000,- pertahun. Sehingga jika dihitung perbulan untuk sewa ruko sekitar Rp500.000,- hingga Rp1.000.000,- saja. Sedangkan jika hanya menyewa lahan, dana yang diperlukan sekitar Rp300.000,- hingga Rp500.000,- saja. Jadi dari dua riancian tersebut cukup dipilih sesuai dengan dana dan keinginan saja.

2. Modal Peralatan Kopi

Selain tempat usaha tentunya dalam rincian modal usaha kedai kopi sederhana juga harus ada biaya peralatan. Dalam sebuah kedai kopi tentunya cukup banyak peralatan yang diperlukan. Seperti contohnya mesin kopi yang harganya bervariasi mulai dari Rp150.000,- saja yang paling murah. Namun jika mesin sudah modern dan mampu mengolah berbagai jenis kopi seperti ekspresso, arabika atau lainnya harga sekitar Rp2.000.000,- saja. Selain itu dalam kedai kopi juga membutuhkan Sypon dengan perkiraan harga sekitar Rp500.000,- serta French Press sekitar Rp200.000,-.

Jika ingin membuat kedai yang besar tentunya menu juga harus banyak dan alat juga akan semakin banyak. Jadi dapat juga menyiapkan Grinder dengan perkiraan harga sekitar Rp1.100.000,- serta Scale sekitar Rp2.300.000,-. Jadi tergantung dengan dana yang dimiliki saja, semua dapat disesuaikan.

3. Modal Peralatan Lainnya

Jika tadi membahas mengenai peralatan kopi masih ada perlatan lainnya yang tidak berhubungan dengan kopi namun sangat menunjang usaha kedai kopi. Di mana perlu sekali menyiapkan kulkas kecil untuk menyimpan berbagai bahan dengan harga sekitar Rp1.000.000,- saja. Lalu perlu juga blender dengan harga perkiraan sekitar Rp250.000,- saja. Serta diperlukan juga cup copy ataupun gelas dengan perkiraan harga Rp50.000,- untuk cup dan Rp150.000,- untuk gelas.

4. Modal Untuk Bahan Minuman

Rincian modal usaha kedai kopi sederhana tentunya juga mencangkup modal untuk membeli berbagai bahan minuman. Di mana untuk berbagai jenis kopi dan susu beraneka rasa memerlukan sekitar Rp1.000.000,-. Untuk itu pilihlah distributor berbagai jenis kopi dan susu yang harganya sesuai dengan modal yang dimiliki. Dengan begitu dapat meminimalisir pengeluaran yang ada.

5. Modal Biaya Lainnya

Tidak luput juga perlu disiapkan beberapa modal untuk biaya lainnya yang mana dapat disesuaikan karena ada yang harus digunakan dan ada yang tidak. Rincian modal usaha kedai kopi selanjutnya meliputi biaya listrik sebesar Rp750.000,- lalu ada mesin kasir seharga Rp2000.000,-. Serta biaya karyawan Rp2.500.000,- yang di mana untuk permulaan usaha bisa dengan tidak menggunakan karyawan. Di mana semua hal berarti harus diurus sendiri.

Modal keseluruhan untuk usaha kedai kopi ini setidaknya memerlukan dana tidak sampai Rp10.000.000,- untuk perbulannya. Itupun ada beberapa peralatan yang tidak perlu dibeli kembali di bulan berikutnya. Selain itu jangan salah, keuntungan yang akan diperoleh sangatlah besar.

Nah itulah rincian modal usaha kedai kopi sederhana secara lengkap yang dapat dijadikan referensi untuk memulai bisnis. Dengan mengetahui rincian dananya tentunya akan mampu membuat pebisnis mempersiapkan segalanya dengan lebih matang.

Kata Kata Promosi Masker Spirulina Yang Mampu Menarik Pelanggan

Penggunaan masker saat ini memang tidak dapat terlepaskan, apa lagi untuk seorang wanita yang sangat memperdulikan kondisi kulit wajah. Masker yang sedang populer dan...
update
2 min read

Peluang Bisnis Minuman Modal Rp 300rb Yang Layak Dicoba

Bisnis memang tidak melulu soal modal besar. Misalnya saja bisnis minuman. Modal yang dibutuhkan untuk jenis bisnis seperti ini bahkan tidak lebih dari Rp300...
update
3 min read

Jasa Penulis Artikel Freelance Untuk Kebutuhan Konten Website

Artikel bisa dikatakan merupakan bagian terpenting dalam sebuah website. Namun pengelola website, kadang kurang waktu untuk sekedar mengurus websitenya. Artikel yang diunggah pada website,...
update
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *